Karena satu dan lain hal, para traveler juga harus siap dengan kondisi serba-serbi penerbangan yang dibatalkan. Inilah travel tips untuk meminimalkan kerugian:

Sebelum kejadian:

1. Bayar penerbangan dengan kartu kredit

Anda sering membeli tiket pesawat jauh-jauh hari, yang memungkinkan maskapai memegang uang Anda selama setahun atau lebih. Di situlah membayar dengan kartu kredit menjadi sangat berguna.

Karena, dengan membeli tiket menggunakan kartu kredit berarti Anda akan lebih terlindungi jika maskapai mengalami kolaps. Bahkan, ketika maskapai dalam kesulitan keuangan, pemroses kartu kredit akan menjadi penahan uang sampai penerbangan terjadi.

Dengan begitu, jika maskapai tidak melakukan penerbangan maka perusahaan kartu kredit masih memiliki uang Anda dan dapat mengembalikan hak Anda. Segera telepon pihak kartu kredit dan amankan uang Anda.

2. Awasi maskapai Anda

Mungkin ada yang menganggap maskapai yang Anda tumpangi baik-baik saja, seperti dalam kasus Wow Air ini, yang masih bisa dipesan tiketnya hingga saat terakhir. Namun ada baiknya mengawasi maskapai Anda.

Ini sangat bagus jika maskapai yang dimaksud adalah maskapai yang kurang terkenal. Anda bisa menyetel Google Alert untuk langkah antisipasi, terutama jika ada desas-desus tentang suatu kesulitan yang dialami maskapai.

3. Pertimbangkan memiliki rencana cadangan

Mungkin terdengar tidak biasa dalam pemesanan penerbangan. Tapi rencana alternatif akan sangat bermanfaat.

Lihatlah maskapai lain yang menerbangkan rute serupa. Bookmark di halaman ponsel sehingga Anda sebagai penumpang bisa mengambil kursi terakhir jika terjadi sesuatu. 


Saat kejadian:

4. Jangan menganggap maskapai lain akan membantu

Maskapai lain tidak bertanggung jawab pada maskapai yang batal terbang. Operator-operator ini mungkin menerima keuntungan, yang terbaik adalah tidak berharap mendapatkan diskon.

Jika Anda yang menelepon dan merupakan perwakilan perusahaan penerbangan gagal, ingatlah untuk bersikap sopan dan seramah mungkin. Ya, Anda khawatir dan marah, janganlah bersikap tidak menyenangkan yang tentunya tidak akan mengubah apapun.

Skenario terbaik yang bisa didapatkan adalah, maskapai lain memberikan harga diskon untuk para traveler dari maskapai yang gagal terbang.

5. Ketahui hak-hak Anda

Semua memesan tiket penerbangan menggunakan metode berbeda. Jika Anda memesan melalui agen perjalanan, mereka mungkin bertanggung jawab untuk mengembalikan uang Anda, tergantung pada apakah dilindungi oleh asuransi perjalanan atau tidak.

Bila langsung memesan ke maskapai yang bangkrut maka harus siap dengan jalan panjang pengembalian uangnya. Karena akan diurusi oleh pihak ketiga perwakilan maskapai. Anda harus tahu cara klaim kompensasi delay pesawat atau batal terbang.

6. Periksa asuransi perjalanan Anda

Jika memiliki asuransi perjalanan, segera hubungi perusahaan tersebut. Sebaiknya, sebisa mungkin Anda harus mengenal rencana asuransi sebelum bepergian. Anda juga harus tahu cara untuk mengklaim Setelah memulai proses klaim asuransi, ingatlah untuk menyimpan semua kwitansi dan dokumen Anda.

Setelah kejadian:

7. Jangan panik

Untuk beberapa pelancong, kepercayaan mereka pada maskapai penerbangan mungkin rusak dan tidak dapat diperbaiki. Maskapai Anda tiba-tiba bangkrut merupakan hal ekstrem dan bahwa itu sangat tidak mungkin terjadi dengan maskapai besar, karena akan ada pembelian satu sama lain dalam situasi ini.

Tips utamanya? Tetap gunakan maskapai yang mempunyai nama besar, tentu jika Anda bisa membeli tiketnya

sumber : Detik.com

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Beternak Angsa dan Anak Angsa di Halaman Rumah

Belajar Beternak Angsa

Kenapa CPU lebih cepat membaca RAM dari pada Harddisk?