8 Langkah menghemat baterai ponsel android

Tips menghemat baterai ponsel android

1.  Monitoring Penggunaan Baterai

















Seperti gambar diatas, check semua proses yang banyak memakai source kekuatan baterai. tampilan tab ini bisa anda temukan di Setting –> About Phone –> Battery use . Dan menurut gambar diatas melakukan kegiatan panggilan (voice calls) begitu besar memakan soure baterai, namun mengurangi intensitas untuk melakukan panggilan atau menerima panggilan bukanlah solusi yang tepat untuk menghemat baterai ponsel android anda, cobalah beberapa tips setelah tips pertama ini.


2. Buang (delete) aplikasi yang tidak anda kenal/ketahui
Buang (delete) aplikasi yang tidak anda kenal/ketahui
Aplikasi aplikasi yang tidak begitu anda butuhkan dan bekerja secara backgroud proccess dalam interval waktu tertentu serta memakai banyak memori untuk melakukan proccess-nya, maka anda dapat membuang (mendelete) aplikasi aplikasi yang tidak begitu anda butuhkan tersebut melalui task manager. Task manager untuk aplikasi tersebut bisa anda temukan di Settings –> Applications –> Manage Applications . seperti gambar diatas.

3. Setting ulang Auto Sync
3. Setting ulang Auto Sync
Dikarenakan feature Auto Sync tidak selalu sering untuk melakukan Syncronize, maka sebaiknya matikan saja Auto Sync, atau anda bisa mensetting Auto Sync tersebut ke mode manual syncronize agar tidak terlalu sering melakukan syncronize, misalnya seminggu 2 kali atau sekali sehari, sesuai dengan kebutuhan anda.

4.Matikan feature yang tidak diinginkan
Beberapa fitur yang ada didalam Android phone (Android Smartphone) ini hanya di perlukan/dijalankan pada saat diperlukan saja, maka sebaiknya matikan (non aktifkan) fitur fitur tersebut
a) Wi-Fi
a) Wi-Fi                                                wifi  setting
Jika Wi-Fi tidak anda perlukan atau tidak anda gunakan maka sebaiknya non aktifkan saja fitur ini. untuk mempermudahnya bisa anda gunakan mode airplane. Settings –> Wireless & networks –> Airplane mode.
b) BLUETOOTH
    b) BLUETOOTH
Pastikan untuk mematikan fitur Bluetooth anda jika tidak digunakan. Untuk mematikan atau menyalakanya dapat anda setting melalui Settings –> Wireless & networks–> Bluetooth.
c) Screen (layar)
c. screen
Screen (layar) adalah salah satu masalah yang sangat berpengaruh dalam penggunaan resource baterai. Untuk menanggulanginya anda harus menurunkan intensitas cahaya yang keluar dari layar smartphone android anda melalui Settings –> Display –> Brightness. Saat ini smartphone android telah memiliki layar yang menggunakan lampu led dan alhasil mereka sangat hemat menggunakan energi dari baterai, cara lain untuk menghemat baterai anda, anda juga bisa memakai theme berwarna hitam atau background wallpaper berwarna hitam.
d) Fitur lokasi menggunakan GPS
gps auto hack
GPS juga adalah salah satu fitur yang memakai energi begitu banyak dari baterai smartphone android anda, jadi sebaiknya anda matikan saja fitur tersebut dan gunakan pada saat diperlukan saja.
e) Koneksi 3G
2G sebenarnya lebih baik digunakan untuk panggilan dan tidak memerlukan koneksi 3G untuk panggilan yang simple, jadi disable / matikan koneksi 3G anda dan nyalakan kembali jika anda ingin melakukan browsing dan download
f) Animasi wallpaper
disable wallpaper animation
Untuk menghemat baterai anda bisa mematikan fitur animasi dari wallpaper anda.
g) Equalizer
android equalizer setting
Matikan fitur bass dan treble agar source baterai yang digunakan lebih hemat.

5. Mengontrol Tenaga (power) dari suatu aplikasi atau widget
hematlah penggunaan tenaga matahari dan bumi
Ada beberapa aplikasi yang mampu menyeting seminimal dan mengoptimalisasi berbagai macam aplikasi yang ada, agar android anda seminimal mungkin menggunakan resource / tenaga dari baterai yang ada. Adapun aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mengoptimalisasinya yaitu :
  • Android Booster
  • Power schedule
  • Airplane Auto Switch
  • Screebl
  • Power Manager
  • Locale
  • Green Power battery saver v3.12
6. Charger Smartphone Android anda saat melakukan Update atau Download
Download dan Update pada smartphone android pasti memerlukan banyak tenaga / power untuk mengumpulkan data data yang anda inginkan, namun baterai yang dipakai pastinya akan banyak, hingga menghabiskan tenaga baterai android anda, oleh karena itu sebaiknya anda men-charge android anda jika ingin melakukan update / download.

7.  Gunakanlah Charger di Mobil (kendaraan) anda
charge car
Untuk mencegah kehabisan baterai saat anda berada diluar ruangan / diluar rumah anda, maka saat berpergian sebaiknya anda menyiapkan sebuah charger pada kendaraan anda, untuk mencegah smartphone android kesayangan anda mati kehabisan baterai.

8. Gunakanlah Autolock
autolock
Pada keadaan lock maka semua pada posisi standby, sehingga meminimalisasi penggunaan source / tenaga baterai.

Sumber:http://apdet.web.id/8-langkah-menghemat-baterai-ponsel-android.html

Comments

Popular posts from this blog

Belajar Beternak Angsa dan Anak Angsa di Halaman Rumah

Belajar Beternak Angsa

Kenapa CPU lebih cepat membaca RAM dari pada Harddisk?